cara disiplin

Sallam guys, setiap orang pastinya ingin hidupnya disiplin entah itu disiplin kerja, disiplin belajar atau disiplin dalam mengatur waktu. Disiplin itu melakukan tanggung jawab dan tugas yang telah dipercayakan dengan sepenuh hati, disiplin itu penting banget guys, dengan bersikap disiplin , tujuan kita lebih mudah tercapai, hidup jadi terorganisir yang membuat semuanya jadi lancar dan terencana, plus bonusnya kita dapat kepercayaan dari si bos atau atasan kita guys, nah bagi ingin disiplin berikut ini tips yang insha Allah kalo sungguh sungguh diterapin bakal membuatmu disiplin.

Tentukan Tujuanmu

Orang yang berdisiplin tahu akan tujuannya guys, jadi enggak sembarangan ambil langkah aja, ada tujuan berarti ada yang dicapai. Dengan menentukan tujuan kita bisa menganalisa apa yang jadi penghalang antara kita  dan tujuan kita. Bila sudah ketemu apa yang jadi penghalang tinggal dipelajari dan dicari solusinya. Dengan ini tujuanmu akan jadi acuan mulia yang ingin kamu capai, sehingga kamu baka rela disiplin demi mencapainya.

Buat Deadline

Sudah punya target sudah punya masalah + solusinya sekarang kamu harus mengatur jangka waktu untuk memecahkan masalah tersebut, karna kalau tidak ditarget entah kenapa kita jadi enggan menyelesaikannya, atur waktu semampu kalian jangan terlalu maksa karna nanti malah stress.

Atur Jadwal

Nah kalau dua hal sebelumnya sudah ada,  sekarang kamu harus buat peta atau blue print yang bakal dijadikan acuan kedisiplinan, yaitu buatlah jadwal yang spesifik, terencana,realistis ini bakal jadi peta yang harus disiplin dalam menjalankannya, jika  sudah mulai masuk bagian taktis atau bagian pelaksanaan disini lah kamu mulai merasakan hari hari yang mungkin agak beda dengan awal awal sebelum memulai mendisiplinkan diri tetapi ingat lagi tujuan awal.

Beri Reward dan Punisment pada Diri Sendiri

Nah supaya tambah semangat dalam berdisiplin, kamu perlu adanya reward dan punisment yang tujuannya menjaga kondisi psikis kamu, dengan adanya reward dapat jadi pemacu dan punisment dapat jadi penegur. Beberapa orang menerapkan metode break yaitu di saat titik jenuh mereka seperti beristirahat dari upaya mengejar tujuan.

Konsisten

Nah tips yang terakhir adalah kamu harus konsisten dalam melaksanakan upaya tadi, percuma kalau tidak konsisten karena bakal sia sia upaya tadi.