Tentu pernah anda mendengar tentang istilah Makhluk Mitologi,ya Makhluk mitologi adalah makhluk-makhluk yang dianggap ada keberadaannya oleh orang-orang dahulu kala (mitos). Biasanya cerita ini didapatkan secara turun-temurun ke anak cucu mereka hingga sekarang. Bahkan beberapa ilmuwan sedang mencoba mengungkap keberadaan mereka yang sebenarnya.

Nah sekedar pengetahuan saja berikut makhluk – makhluk Mitologi Aves Edition(berbentuk burung) :

1. Alkonost

alkonost

Menurut mitologi Rusia, Alkonost adalah makhluk berupa burung dengan kepala seorang wanita cantik (manusia). Suaranya begitu memukau sehingga siapapun yang mendengar suaranya tidak mau mendengar apapun lagi, kemudian dia akan terus mengikuti suara Alkonost hingga akhirnya dibunuh. Konon, para Alkonost meletakkan telurnya di tepi pantai dan mendorongnya ke laut. Ketika telur-telur tersebut menetas, akan terjadi badai petir yang besar di lautan.

2. Caladrius

2. Caladrius

Dalam mitologi Roma Caladrius dikenal sebagai “Burung Tabib”. Diceritakan bahwa burung Caladrius berwarna putih salju dan tinggal di kastil-kastil besar. Konon Caladrius suka sekali menyembuhkan orang yang sakit ketika mereka sedang tidur. Caladrius akan menyerap penyakit yang diderita orang tersebut kemudian terbang untuk memulihkan dirinya sendiri.

3. Chamrosh

3. Chamrosh

Chamrosh digambarkan memiliki badan seekor anjing namun dengan kepala dan sayap burung, dalam mitologi Persia. Mereka tinggal di bawah pohon Soma. Konon Ohrmazd-Sang Pencipta menciptakan 2 jenis burung yang abadi. Setiap tahun tumbuh ribuan ranting dari pohon Soma dan di ranting itu terdapat beraneka ragam biji-bijian. Burung-burung yang bernama Amrosh hinggap di ranting-ranting berusaha menjatuhkan biji-biji tersebut. Kemudian para Chamrosh terbang untuk mengibaskan biji-bijian yang jatuh ke dalam awan hujan. Sehingga ketika hujan turun, bumi akan ditumbuhi pepohonan.

4. Feng Huang

4. Feng Huang

Feng Huang adalah burung mitologi yang tersebar di Asia Timur (terutama China). Yang jantan disebut Feng sedangkan betina disebut Huang. Dalam era modern mereka dideskripsikan yaitu memiliki kepala seekor Pheasant Emas, badan dari Bebek Mandarin, bagian ekor dari Merak, Bangau pada bagian kaki, berparuh Kakatua, dan sayap seekor Walet. Ciri-ciri identik seperti Phoenix, sehingga Feng Huang sering dijuluki Phoenix China

5. Gandaberunda

5. Gandaberunda

Gandaberunda adalah burung mitologi dalam agama Hindu. Umumnya digambarkan sebagai burung raksasa yang memiliki dua kepala dan kemampuan sihir tingkat tinggi. Gandaberunda biasanya diukir di candi-candi Hindu dan sekarang digunakan sebagai emblem resmi pemerintahan Karnataka

6. Garuda

6. Garuda

Dalam kepercayaan Hindu dan Buddha, Garuda adalah burung mitologi raksasa yang dikendarai oleh Dewa Wisnu. Garuda digambarkan memiliki badan kekar manusia, wajahnya berwarna putih terang, sayapnya berwarna merah, memiliki paruh burung elang serta ada mahkota di atas kepalanya. Garuda selalu bermusuhan dengan para ular. Konon, sinar dari Garuda sangat terang sehingga dewa-dewa lain mengira bahwa dia Agni (dewa api), kemudian memujanya.

7. Griffin

7. Griffin
Griffin atau Gryphon adalah makluk legendaris yang digambarkan dengan singa yang memiliki kepala serta sayap burung elang. Singa adalah simbol raja hutan sementara elang adalah raja langit, sehingga Griffin melambangkan kekuatan dan kekuasaan. Konon, diketahui bahwa Griffin menjaga harta karun.

8. Harpy

8. Harpy

Dalam mitologi Yunani, Harpy adalah semacam roh atau hantu yang digambarkan sebagai wanita setengah burung. Mereka adalah maklhuk yang butal, kejam serta keras. Para Harpy suka sekali mencuri makanan dari Phineas, Raja Thrace.

9. Huginn dan Muninn

9. Huginn dan Muninn

Huginn dan Muninn muncul dalam mitologi Norwegia. Mereka adalah burung gagak yang diberi kemampuan berbicara oleh Odin. Mereka bertugas untuk terbang berkeliling Midgard untuk melaporkan keadaan Midgard kepada Odin setiap hari. Mereka sangat suka bertengger di bahu Odin.

10. Horus

10. Horus

Horus adalah makhluk mitologi paling tua yang berasal dari kepercayaan Mesir Kuno. Horus memiliki banyak penggambaran, namun yang paling populer digambarkan sebagai manusia dengan kepala burung elang. Orang Mesir Kuno sangat memuja sekali Horus sebagai perwujudan dewa Ra-Horakthy (Dewa Matahari).

11. Phoenix

11. Phoenix

Phoenix mungkin satu-satunya burung mitologi yang hampir ada di setiap cerita legenda di berbagai belahan dunia. Namun ciri-ciri umum Phoenix adalah burung seperti merak dengan bulu yang indah dan terdiri dari bermacam warna (tergantung cerita masing-masing daerah). Masa hidup Phoenix sekitar 500-1000 tahun. Mereka merupakan makhluk abadi karena konon ketika mereka hampir sekarat, mereka mendirikan sebuah sangkar dari ranting. Ketika sekarat, tubuh Phoenix akan terbakar beserta ranting-ranting kayu. Dari abu ini seekor Phoenix baru dilahirkan.

12. Roc

12. Roc

Roc adalah burung mitologi yang terkenal di daerah Arab. Digambarkan sebagai burung elang raksasa yang sangat tangguh. Kisah mengenai Roc dapat juga ditemui dalam Cerita 1001 Malam. Seorang penjelajah terkenal, Marco Polo pernah menyinggung tentang Roc. Ketika Marco Polo sedang berlayar, tiba-tiba terjadi angin kencang dan kapalnya harus mendarat di sebuah gurun. Setelah itu dia mendapati sebuah dunia penuh dengan burung elang. Namun burung-burung tersebut dalam ukuran yang begitu besar dan mengerikan.

13. Simurgh

                  whatchamacallit

Simurgh muncul sebagai makhluk mitologi bangsa Persia dan Great Iran. Digambarkan sebagai burung raksasa yang bahkan dikatakan mampu mengangkut seekor gajah atau paus. Memiliki tubuh seperti Merak, memiliki kepala anjing dan cakar singa (kadang memiliki wajah seperti manusia). Mereka sangat suka dekat dengan air

14. Burung Stymphalian

14. Burung Stymphalian

Burung Stymphalian berasal dari mitologi Yunani Kuno. Mereka adalah burung pemangsa manusia dengan paruh dari perunggu dan bulu dari logam tajam yang dapat dilemparkan ke korbannya. Mereka bermigrasi ke Danau Stymphalia di Arcadia untuk menghindari serangan serigala-serigala yang dikirimkan oleh penduduk Arab.

15. Gagak Berkaki Tiga

15. Gagak Berkaki Tiga

Gagak berkaki tiga adalah burung mitologi yang terkenal hampir di seluruh Asia dan Afrika Utara. Namun beberapa berpendapat bahwa mereka berasal dari Mesir. Gagak berkaki tiga melambangkan matahari. Mereka dikenal dengan berbagai nama seperti Yata Garasu (Jepang), Sanzuwu (China), Samjok-o (Korea). Burung ini juga digunakan sebagai logo JFA (Japan Football Asociation).

16. Thunderbird

16. Thunderbird

Thunderbird adalah burung legendaris yang berasal dari penduduk asli Amerika Utara. Mereka dipercaya sebagai burung supernatural yang memiliki kemampuan luar biasa. Konon setiap kibasan sayapnya dapat mengakibatkan terjadinya petir dan menggerakkan angin. Burung Hammerkop dipercaya sebagai bentuk manifestasi dari Thunderbird.

17. Thoth

17. Thoth

Satu lagi makhluk mitologi dari Mesir Kuno yang sangat terkenal, yaitu Thoth. Digambarkan sebagai manusia yang memiliki kepala burung Ibis (sejenis bangau). Biasanya dia membawa tongkat dan ankh (seperti kunci yang melambangkan keabadian). Thoth adalah makhluk suci yang memiliki kuil sendiri di Khmun.

18. Burung Vermilion

18. Burung Vermilion

Burung Vermilion berasal dari mitologi China yang memiliki nama lain Zhuque. Zhuque adalah salah satu dari keempat simbol konstelasi China. Dia melambangkan elemen api, arah selatan dan musim panas. Zhuque juga terkenal dengan beberapa nama di berbagai negara seperti Suzaku (Jepang), Jujak (Korea) dan Chu Tuoq (Vietnam). Penampilannya hampir sama seperti Phoenix namun didominasi oleh warna merah menyala.

19. Zu

19. Zu

Zu adalah burung mitologi dari Akkadia. Penampilan Zu hampir sama seperti Griffin, yaitu singa dengan kepala dan sayap burung elang. Dia adalah anak dari Dewi Siris. Disebutkan bahwa Zu dan Siris mampu menyemburkan api dan air dari mulut mereka. Diceritakan bahwa Zu pernah mencuri Tablet of Destinies, namun Dewa Matahari Marduk mengetahuinya dan membunuh Zu.

source